Wisata Menambah Wawasan di Museum Gunung Merapi

Di hadapan kemegahan Gunung Merapi, museum ini didirikan dengan hasrat buat didedikasikan bagaikan perekam jejak gunung api tua ini. Memori dari masing- masing letusan tersimpan apik, apalagi gemuruh suaranyanya juga bisa didengar berulang kali. Di museum ini, Gunung Merapi dikagumi bagaikan pemberi pelajaran berarti.

Museum Gunung Merapi ialah salah tempat yang dibentuk buat jadi fasilitas pendidikan tentang gunung teraktif di dunia ini. Di museum ini wisatawan bisa menekuni banyak perihal menimpa Gunung Merapi. Baik

dari sisi legenda, kearifan lokal, sejarah panjang letusannya, apalagi hingga memandang sisa- sisa dampak dasyat letusan yang membuat merinding.

Bagaikan negeri yang terletak di posisi sangat aktif dari ring of fire vulkanik bumi, pasti uraian kebencanaan geologi merupakan perihal yang berarti buat dikasih kepada warga. Salah satu langkah buat membagikan uraian berartinya upaya mitigasi musibah, hingga dibangunlah Museum Gunung Merapi ini.

Terletak di kaki Merapi yang sejuk, Museum Gunung Merapi mempunyai arsitektur bangunan yang khas, berbentuk segitiga yang menyamai gunung. Dikala cuaca terang, wisatawan dapat melihat gunung merapi nan gagah dari pelataran museum.

Museum ini tepatnya terletak ia Jalan. Boyong, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman Pakem, Yogyakarta

Dari pusat kota, ialah Stasiun Tugu ataupun Malioboro ke arah utara mengarah kawasan jalur Kaliurang. Berikutnya menjajaki jalur Kaliurang ke arah Gunung Merapi dekat 26 kilometer serta dapat ditempuh dalam waktu dekat 1 jam. Saat sebelum hingga di gerbang utama Ngipiksari ataupun Banteng, belok kiri, sehabis hingga di Panti Asih, banyak penanda arah ke posisi Museum.

Museum tidak terletak dipinggir jalur raya, tetapi masuk gang antara jalur Kaliurang serta jalur Boyong serta bila khawatir tersesat, dapat bertanya kepada masyarakat setempat.

Museum melayani wisatawan tiap hari, kecuali hari Senin, serta libur nasional.

Pada hari Selasa- Kamis serta sabtu- minggu,

museum dibuka utuk universal mulai jam 08. 00 pagi hingga jam 03. 30 sore. Sedangakn buat hari jumat, museum dibuka jam 08. 00 pagi serta tutup jam 02. 30 sore.

Jam Buka Museum Gunung Merapi Jogja. Image via: mgm. slemankab. go. id

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Jogja

Buat tiket masuk gedung museum terkategori sangat murah. Wisatawan cuma dikenakan duit tiket sebesar 3 ribu rupiah. Bila wisatawan mau menikmati penayangan film pendek, dikenakan tiket lains ebesar 5 ribu rupiah.

Buat karcis parkir, berlaku tarif wajar. Sebesar 2 ribu rupiah buat sepeda motor, serta 3 ribu rupiah buat mobil.

Sarana Museum Gunung Merapi Jogja

Semacam tempat wisata pada biasanya, sarana yang di sajikan berbentuk Toilet Universal, Rest Zona, Mushola, serta Lahan parkir. Pelataran serta taman pula yang lumayan luas, sehingga kita bisa memakainya bagaikan tempat buat hunting gambar.

Sayangnya belum ada warung makan ataupun restoran di sekitaran Museum Gunung Merapi jogja ini. Tetapi itu bukan soal besar. Tidak jauh dari tempat museum ada sebagian warung makan khas Yogyakarta yang dikelola oleh warga lokal.

Bila kita tiba dari luar kota serta merancang wisata sepanjang sebagian hari di jogja ini, kita bisa menginap di sebagian hotel yang dekat dengan Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi terdiri dari 2 lantai. Di lantai dasar, dikala merambah gedung museum, wisatawan disambut dengan maket Gunung Merapi berdimensi besar yang bersuara gemuruh serta menghasilkan asap. Di salah satu sisi ada tombol tahun yang ialah tahun erupsi. Bila salah satu tombol ditekan hingga hendak terdapat peragaan erupsi setimpal dengan keadaan erupsi pada tahun tersebut.

Museum Gunung Merapi Jogja mempunyai koleksi perlengkapan pemantau kegiatan gunung merapi semacam: teleskop, seismograf, perlengkapan pencatat kegiatan gunung merapi, perlengkapan pengolah informasi, sampai piranti kuno yang di pakai petugas periset kegiatan gunung merapi di masa kemudian.

Tiltmeter. Perlengkapan megamati permukaan tanah akibat kegiatan dapur magma gunung. Image via: mgm. slemankab. go. id

Di mari pula terdapat data kawasan ataupun wilayah yang rawan terserang musibah serta pula sembaran yang perinci menimpa endapan lava gunung merapi yang dilengkapi dengan material endapan dan hasil muntahan lava. Di museum ini ada koleksi barang dari korban bungker Kaliadem pada tahun 2006 ialah berbentuk sepeda motor yang terserang semburan“ wedus gembel” kala itu.

Melanjutkan kunjungan ke ruangan lain, wisatawan dapat menciptakan display jenis letusan gunung api, batuan dari Gunung Merapi semenjak tahun 1930, koleksi benda- benda sisa letusan tahun 2006 sampai koleksi potret- potret Gunung Merapi dari era ke era yang dipajang sedemikian rupa sehingga gampang diamati.

Di ruangan ini, Panel- panel ilustrasi dengan foto kartun yang ramah untuk anak anak bisa ditemukan. Terdapat pula potret- potret tumbuhan serta rumah- rumah penduduk yang rusak terserang akibat dari erupsi Gunung Merapi.

Salah satu koleksi barang yang menarik atensi, merupakan ilustrasi batu bom( volcanic bomb). Batu ini nampak semacam batu biasa dengan wujud yang tidak beraturan. Tetapi sebetulnya terdapat cerita dasyat di balik batu ini. Batu ini merupakan lava pijar bersuhu 700– 1. 200 derajat celcius yang terlempar ke hawa serta hadapi proses pendinginan kilat hingga kesimpulannya kala jatuh telah berupa batu padat.

Sehabis puas menjelajahi di lantai dasar, wisatawan dapat melanjutkanpenjelajahan ke lantai 2 museum. Terdapat 9 jenis barang koleksi serta perlengkapan peraga yang tersimpan di lantai 2. Display letusan serta erupsi Merapi, lorong peraga simulasi LCD, peraga simulasi tsunami hingga peraga simulasi gempa.

Tiap- tiap koleksi tersebut sangat menarik buat dieksplorasi, terlebih koleksi perlengkapan peraga yang terdapat masih berperan dengan baik. Lewat bermacam simulator ini wisatawan bisa memandang dan merasakan sensasi suasana musibah serta gempa bumi mini yang dahsyat tetapi tidak membahayakan.

Dikala wisatawan menuntaskan seluruh tahap kunjungan ke bermacam bagian museum, masuk ke dalam teater mini museum ini merupakan opsi yang pas. Sembari istirahat meregangkan kaki, wisatawan disuguhi film pendek berdurasi 24 menit bertajuk Mahaguru Merapi.

Film ini menampilkan 2 sisi Merapi yang sangat berbeda. Pada satu sisi, Merapi berikan kesuburan serta kehidupan untuk masing- masing makhluk di sekitarnya. Kebalikannya pada sisi lain Merapi pula meluluh lantakkan seluruhnya tanpa tersisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *